Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Lewat Internet

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah?

leave a comment »

Setelah membaca hampir 40 artikel mengenai cara untuk belajar bahasa Inggris lalu mengkompilasinya, berikut ini 17 aturan untuk membuat proses belajar bahasa Inggris menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih mudah. Kami percaya bahwa, siapapun yang mengikuti aturan-aturan ini, akan mengalami peningkatan yang pesat dan hebat dalam proses belajar bahasa Inggris.

Aturan 1: Identifikasi Motivasi dan Hasrat. Agar bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah, cari tahu motivasi di balik keinginan mu itu. Tanyakan pada diri sendiri kenapa kamu ingin belajar bahasa Inggris. Dengan memahami motivasi mu, akan membantu mu untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih tekun.

Aturan 2: Sadari Bahwa Bahasa Inggris itu Sebenarnya Mudah. Jika menurut mu bahasa Inggris itu sulit, maka kamu tidak akan pernah bisa berbahasa Inggris dengan baik. Kunci untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik adalah dengan menyadari bahwa bahasa Inggris itu sebenarnya mudah. Apakah bahasa Inggris itu sama sulitnya dengan ilmu bedah plastik atau quantum mekanik? Tidak bukan?

Bahasa Inggris hanyalah sekedar bahasa asing, sesuatu yang biasa di ucapkan tanpa susah payah oleh jutaan orang setiap hari tanpa lebih dulu harus berpikir. Bahasa Inggris hanyalah sekedar skill, sama seperti mengendarai sepeda motor atau mobil. Bahasa Inggris adalah sesuatu yang bisa kamu kuasai, dan kamu pasti bisa menguasainya dengan mudah. Yang kamu butuhkan hanyalah sedikit usaha dan cara berpikir yang tepat. Jadi ingat, bahasa Inggris itu sebenarnya mudah!

Aturan 3: Sadari Bahwa Kamu bisa Berbahasa Inggris dengan Fasih. Semua orang bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Kamu juga pasti bisa. Ras atau faktor keturunan tidaklah berpengaruh. Jutaan orang Indonesia yang berdomisili di Amerika bisa berbahasa Inggris dengan fasih, dan secara fisik mereka sama persis dengan mu. Sebagian besar orang yang fasih berbahasa Inggris umumnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua, bahkan bahasa ke tiga yang mereka pelajari.

Dimana kamu tinggal itu bukanlah hal penting. Tinggal di negara yang berbahasa Inggris mungkin bisa membantu mempercepat proses belajar bahasa Inggris, tapi dalam era internet seperti saat ini, dengan TV dan satelite, adalah hal yang sangat mungkin untuk bisa fasih berbahasa Inggris meski tetap hidup dan tinggal di Indonesia. Bukan dimana kamu tinggal yang menentukan, melainkan cara berpikir mu.

Aturan 4: Selalu Pelajari dan Review Kalimat, Bukan Kata demi Kata. Bayangkan seandainya kamu bisa berbahasa Inggris secara otomatis… tanpa harus berpikir lebih dulu. Kata-kata meluncur dengan cepat dan mulus dari lidah mu. Dan kamu juga bisa memahaminya dengan spontan. Untuk bisa melakukan ini, kamu harus mengubah cara yang kamu gunakan dalam mempelajari bahasa Inggris.

Yang pertama, aku harus berhenti mempelajari kata-kata dalam bahasa Inggris! Yap, benar, kamu harus mulai berhenti mempelajari kata-kata dalam bahasa Inggris. Kamu harus berhenti mengingat kata demi kata dalam bahasa Inggris. Orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua tidak belajar bahasa Inggris dengan cara seperti itu. Mereka belajar bahasa Inggris dengan cara mempelajari kalimat atau Phrases, yaitu sekumpulan kata yang di gabungkan secara natural. Jadi ingat, jangan pernah mempelajari kata demi kata.

Saat menemukan kata-kata yang baru, selalu tuliskan kalimat yang menyertainya. Saat mereviewnya, selalu review kalimat tersebut secara utuh… bukan kata-katanya. Kumpulkan contoh-contoh kalimat sebanyak mungkin, maka skill speaking dan grammar mu akan meningkat 4 sampai 5 kali lebih cepat. Jangan pernah lagi belajar bahasa Inggris dengan mempelajari kata demi kata. Jangan pernah menuliskan satu kata dalam catatan, selalu tuliskan dalam bentuk kalimat yang lengkap. Pelajari kalimatnya saja, bukan kata demi kata.

Aturan 5: Berhenti Belajar Grammar. Stop. Singkirkan semua buku dan catatan mengenai grammar. Sebab, aturan-aturan grammar hanya mengajarkan mu tentang bahasa Inggris. Sedangkan yang kamu inginkan adalah bisa berbahasa Inggris secara otomatis, tanpa lebih dulu harus berpikir.

Berbicara itu sekedar menirukan. Saat kamu berbicara dalam bahasa asing, yang kamu lakukan bukanlah membuat grammar, vocabulary dan pengucapan mu sendiri. Semua grammar, vocabulary dan pengucapan yang kamu lakukan adalah sama dengan yang digunakan oleh orang lain. Begitu juga saat kamu mencoba untuk berbahasa Inggris, tujuan mu adalah untuk menirukan grammar, vocabulary, dan cara pengucapan dari orang lain, sehingga cara berbicara mu menjadi benar dan natural.

Bahasa Inggris adalah bahasa dunia, bukan bahasa grammar.

Aturan 6: Aturan yang Paling Penting — Dengarkan Lebih Dulu. Untuk memahami bahasa Inggris, kamu harus belajar dengan cara mendengarkannya lebih dulu. Jangan dulu membaca buku text. Dengarkan dulu orang yang berbicara dalam bahasa Inggris. Sebab, inilah yang menjadi kunci sukses belajar bahasa Inggris. Mulai sekarang, kamu harus mendengarkan bahasa Inggris setiap hari. Kamu harus mendengarkan bahasa Inggris sebanyak mungkin. Kamu harus mendengarkannya sepanjang waktu.

Tapi bagaimana jika kamu terlalu sibuk hingga tidak punya waktu?

Itu wajar dan bisa di maklumi. Itulah mengapa para ahli selalu merekomendasikan untuk mendengarkan bahasa Inggris sambil melakukan aktivitas lain. Misalnya saat berkendaraan dari satu tempat ke tempat lain, atau saat sedang menunggu, atau di waktu-waktu senggang lainnya. Waktu-waktu seperti itu seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif. Dengan melakukannya setiap hari, maka secepatnya kamu bisa melihat seberapa banyak yang bisa kamu pelajari.

Jika kamu banyak mendengarkan program berbahasa Inggris setiap hari, maka skill listening mu akan meningkat dengan pesat. Agar menjadi fasih saat berbicara dalam bahasa Inggris, kamu juga harus memastikan untuk selalu menirukan apa yang kamu dengar. Sebab yang kamu inginkan bukan cuma skill listening mu yang meningkat, tapi juga skill speaking mu. Jadi aturannya adalah dengan mendengarkan sebanyak mungkin.

Tapi apa yang harus di dengarkan?

Yang harus kamu dengarkan tentunya adalah yang apa di dengarkan oleh orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua mereka, atau yang biasa disebut dengan native speaker. Tonton apa yang mereka tonton. Baca apa yang mereka baca. Mulai sekarang, kamu harus banyak mendengarkan dan menonton film, acara TV, buku-buku audio, artikel audio, cerita, dan talk show yang berbahasa Inggris. Gunakan semua materi yang berbahasa Inggris.

Aturan 7: Berbicara Tanpa Rasa Takut. Masalah terbesar yang dihadapi oleh sebagian besar orang saat mempelajari suatu bahasa yang baru adalah ketakutannya sendiri. Mereka merasa takut jangan-jangan mereka nanti mengucapkannya dengan cara yang salah. Atau mereka takut akan tampak seperti orang yang bodoh. Karena itulah, akhirnya mereka memutuskan untuk sama sekali tidak mau berbicara dalam bahasa Inggris.

Kamu tidak boleh melakukan kesalahan yang sama. Karena, cara tercepat untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mencoba dan terus mencoba, sampai bisa menguasainya dengan benar. Sama seperti hal lain, belajar bahasa Inggris mengharuskan mu untuk berlatih. Kamu tidak boleh membiarkan ketakutan mu menghentikan mu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Aturan 8: Berbicara Sebanyak yang Kamu Bisa. Setelah terbiasa untuk mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari, maka seharusnya kemampuan mu jadi meningkat dengan pesat. Untuk meningkatkannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi, kamu juga harus mempraktekkannya dengan orang yang benar-benar berbahasa Inggris, sesering mungkin.

Aturan 9: Belajar Dengan Pelan dan Mendalam adalah yang Terbaik. Jika kamu terlalu banyak mempelajari kalimat dalam waktu yang singkat, maka pemahaman mu mengenai masing-masing kalimat akan menjadi kurang dan dangkal. Rahasia untuk belajar bahasa Inggris secara mudah dengan mempelajari setiap kata dan kalimat secara mendalam. Sebab, mengetahui defenisi saja tidaklah cukup. Menghapalnya untuk menghadapi ujian itu juga belumlah cukup.

Untuk menjadi cukup, kamu harus memasukkan kata-kata dan kalimat tersebut jauh ke dalam otak mu. Agar bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan mudah, kamu harus mengulang setiap pelajaran sesering mungkin. Kamu harus belajar bahasa Inggris secara mendalam. Learn deeply, speak easily.

Aturan 10: Bayangkan Masa Depan. Jika saat ini kamu tidak punya hobby atau hasray, cobalah ide berikut ini. Tutup mata mu. Bayangkan diri mu sedang berada di masa depan. Saat itu, kamu bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Kamu sedang berbicara dengan seseorang. Bisakah kamu membayangkannya? Siapa orang yang sedang kamu ajak berbicara? Apakah president Amerika? President perusahaan tempat mu bekerja? Britney Spears? David Beckham?

Di dalam imajinasi mu itu, kamu sedang tertawa dan bercanda. Kamu bisa mengerti semua yang mereka ucapkan. Dan sebaliknya, mereka juga mengerti semua yang kamu ucapkan. Saat itu, kamu sedang menikmati masa-masa yang menyenangkan karena kamu sudah bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Lihatlah di kaca. Pandanglah diri mu. Pertahankan image tersebut di dalam pikiran mu, jadikan itu sebagai target. Berbuatlah sesuatu setiap hari agar impian mu itu menjadi kenyataan.

Aturan 11: Gunakan Semua Resources. Meski mungkin saat ini jika kamu sudah belajar bahasa Inggris di sekolah atau di tempat kursus, bukan berarti bahwa kamu tidak boleh belajar di luar kelas. Dengan menggunakan semua resources, metode dan sarana yang ada, itu akan membantu mu dalam mempercepat dan mempermudah proses belajar bahasa Inggris. Ada banyak macam cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Jadi, kenapa kamu membatasi diri?

Hal lain yang harus dilakukan saat mempelajari bahasa Inggris adalah dengan memastikan diri untuk menggunakan semua resources yang di miliki. Meski banyak orang yang mengambil kursus bahasa Inggris, tapi mereka umumnya mengabaikan internet. Padahal internet adalah resources terbesar yang penah ada yang bisa kita gunakan untuk mempelajari bahasa Inggris.

Internet adalah resources yang fantastis untuk mempelajari hampir apa saja, terlebih lagi untuk belajar bahasa. Bukan cuma karena di internet ada begitu banyak website yang bisa di gunakan untuk melatih kemampuan membaca, tapi juga di sana banyak tersedia file-file audio yang bisa di download dan digunakan sebagai materi latihan. Resources yang digunakan adalah bagian yang sangat penting dalam proses mempelajari bahasa asing, dan jika kamu ingin membuat proses belajar jadi lebih mudah, gunakan semua sarana yang tersedia, baik secara online maupun offline.

Aturan 12: Kelilingi Diri Dengan Bahasa Inggris. Cara terbaik untuk melatih otak agar bisa berpikir dan memahami suatu bahasa adalah dengan membenamkan diri ke dalam bahasa tersebut sedalam mungkin, dan melingkupi diri dengan bahasa tersebut. Antara lain dengan cara membuat catatan dalam bahasa Inggris, menempatkan buku-buku berbahasa Inggris di kamar, mendengarkan siaran radio dari stasiun yang berbahasa Inggris, menonton berita, film, dan acara televisi yang berbahasa Inggris, berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman setiap kali memungkinkan, dan lain-lain. Semakin banyak materi yang mengelilingi mu, semakin cepat kamu akan belajar dan semakin besar kemungkinan mu untuk mulai “berpikir dalam bahasa Inggris.”

Aturan 13: Rekam Diri Sendiri. Tips lain yang akan meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris adalah membaca dengan keras. Sambil membaca, rekam suara mu ke dalam tape recorder. Kemudian, dengarkan rekaman mu tersebut sambil membaca ulang bacaan tersebut. Dengan merekam dan mendengarkan suara mu sendiri, secepatnya kamu akan terbiasa untuk mendengarkan diri mu berbicara dalam bahasa Inggris. Saat kamu terbiasa mendengarkan diri mu berbicara dalam bahasa Inggris, maka bahasa Inggris akan mulai terasa natural untuk mu. Ini akan mempermudah mu untuk mempelajari bahasa Inggris.

Aturan 14: Lupakan Menulis. Untuk belajar bahasa Inggris, kamu tidak perlu menulis. Seberapa sering kamu berkomunikasi setiap hari dengan cara berbicara dan mendengar? Seberapa sering kamu berkomunikasi dengan cara membaca dan menulis? Keseimbangan yang sama juga harus diterapkan saat mempelajari bahasa Inggris. Bagi sebagian besar orang, ini berarti bahwa lebih dari sembilan puluh persen waktu mereka seharusnya digunakan untuk belajar berbicara dan mendengar. Dengan begitu, kamu bisa belajar lebih banyak dalam jumlah waktu yang tersedia. Kamu bisa mengkonsentrasikan diri untuk lebih menguasai skill speaking and listening.

Aturan 15: Perbaiki! Perbaiki! Perbaiki! Jika kamu memperbaiki, maka kamu akan mendapat peningkatan sebanyak 100 persen dari apa yang kamu pelajari. Memperbaiki artinya meninjau ulang. Kamu harus menggunakan metode ini secara sistematis. Saat mempelajari sesuatu yang baru, kamu harus mencatatnya. Kemudian kamu harus meninjaunya kembali, paling tidak sebanyak tiga kali: yaitu setelah 1 hari, 1 minggu, dan satu bulan.

Aturan 16: Sedikit Demi Sedikit, Bekerjalah dengan Cerdas bukan dengan Keras. Berbagai riset menunjukkan bahwa cara belajar sedikit demi sedikit setiap hari itu jauh lebih efektif ketimbang mempelajari semuanya dalam satu sesi besar seminggu sekali. Jadikan proses belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Sama seperti belajar naik sepeda atau olah raga, apapun yang dilakukan setiap hari, akan menjadi suatu kebiasaan dan keahlian.

Belajarlah bahasa Inggris sedikit demi sedikit setiap hari, dan kamu akan menjadi ahlinya. Jika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Inggris selama 20 jam setiap hari, apakah kamu akan menjadi seorang ahli? Bagaimana jika kamu menghabiskan waktu selama 20 jam setiap hari untuk latihan sepakbola? Pada tahap awal, kamu mungkin akan melihat peningkatan yang pesat. Tapi lama kelamaan, kamu pasti akan kelelahan.

Dari pada cuma memfokuskan perhatian pada jumlah waktu atau jumlah materi yang kamu pelajari, lebih baik bekerjalah dengan lebih cerdas. 5 menit yang digunakan untuk berlatih dengan penuh konsentrasi akan lebih berharga dari pada 5 jam yang digunakan untuk mempelajari grammar yang membosankan. Waktu mu begitu penting, sebab kamu tidak akan pernah mendapatkannya lagi. Jadi, bekerjalah dengan cerdas, bukan dengan keras.

Aturan 17: Berhati-hatilah Saat Membeli. Saat kamu membeli buku atau CD, belilah dari berbagai perusahaan yang berbeda. Sebabnya adalah karena banyak CD di Indonesia ditulis oleh orang yang tidak berbahasa Inggris. Karena itulah umumnya banyak mengandung kesalahan. Tapi jika kamu membeli berbagai macam buku dan CD, maka kamu akan tahu mana yang benar-benar bagus dan mana yang kurang atau tidak bagus.

 

About these ads

Written by 5jtpbln

November 15, 2010 at 6:25 am

Posted in Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: